Sabtu, 21 Mei 2011

HAL-HAL YANG PERLU DIUPAYAKAN DALAM MENIKAH

** MENCARI PASANGAN YG SEIMBANG (KAFA'AH)
Dalam hal kafa'ah ini nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Menikah itu seperti (menjadi) budak, maka hendaklah seorg dari kalian melihat (berfikir) hendak kemana ia serah terimakan putrinya, maka janganlah ia menikahkan putrinya kecuali dgn org yg sudah ada keseimbangan (kafa'ah) dengannya".
Dalam hal kafa'ah ini hendaklah di upayakan benar2 seimbang, atau setidak2nya mendekati seimbang.
Adapun menurut para ulama bahwa yg di maksud dgn "kafa'ah" tersebut di atas adalah keseimbangan dlm hal ke agamaannya, kenasabanya (keturunan), kesempurnaan dlm bentuk (penampilan) fisik dan keterhormatan pekerjaan (profesi)

** NIAT MENGIKUTI JEJAK NABI.
Bagi org yg hendak menikah, seyogyanya ia dlm menikah di sertai dgn niat mengikuti jejak (ajaran) nabi s.a.w.
Yaitu niat memperbanyak umat muhammad s.a.w,
Dan bertanggung jawab dgn baik dalam hal memberi nafkah kepada istrinya, menyelamatkan keutuhan agamanya dan demi mengharap karunia seorang anak yg sholih yg dapat di harap doanya.
Dalam hal niat tersebut ada sabda nabi s.a.w yg artinya:
"Sesungguhnya keabsahan berbagai macam amal (agar menjadi ibadah) adalah harus di sertai dgn niat. Dan bagi tiap2 seseorang, apa yg tlh ia niatkan".

** MENCARI ORANG YG TAAT BERAGAMA.
Di dalam hal ini nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Seorg perempuan dinikahi itu karena (di latar belakangi) oleh hartanya, kecantikannya, keturunannya (nasab) dan agamanya, maka karenanya hendaklah kamu menikah dgn perempuan yg taat beragama agar kamu bruntung".
Nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Barang siapa menikah dengan seorg perempuan karena menginginkan harta dan kecantikannya, maka allah akan menjadikan ia terhalang oleh harta & kecantikan perempuan itu. Dan barang siapa menikahi perempuan karena ketaatan agamanya, maka allah akan memberi dia rizki dgn harta & kecantikannya".
Di dalam hadits yg lain nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Janganlah kamu menikah dgn seorang perempuan karna kecantikannya, sebab kecantikan itu mungkin (justru) bisa menjadikan dirinya tercela. Dan jangan pula karena hartanya, sebab mungkin hartanya itu bisa menjadikan dirinya sombong. Dan hendaklah kamu mencari perempuan yg baik ahlaknya".
Di samping hadits tersebut di atas, juga nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Mohonlahlah kalian perlindungan kepada allah dari beberapa hal yg terbenci"
Salah seorg sahabat bertanya: "Ya rosulallah, hal apakah yg terbenci itu?"
Rosulullah s.a.w menjawab: "Yaitu seorang pemimpin yg menyeleweng, suka merampas hak kamu dan menghalang2imu menuntut hakmu.
Dan seorang tetangga yg jahat dimana kedua matanya mengintaimu,sedangkan hatinya penuh selidik kepadamu, jika ia melihat kebaikan (pada dirimu) maka ia menutupinya, sementara apa bila ia melihat suatu keburukan (pada dirimu) lalu ia sebar luaska.
Dan seorang perempuan yg buruk perangainya, yaitu perempuan yg bisa membuat uban segera tumbuh sebelum masanya".

** MENCARI PEREMPUAN YG PRODUKTIF DAN PERAWAN.
Dalam hal ini nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Menikahlah kalian dengan perempuan yg banyak kasih sayangnya lagi banyak anak. Sebab sesungguhnya aku (kelak) akan berlomba memperbanyak umat dgn kalian (sebagai andalan) . Dan janganlah kalian menikah dengan perempuan tua renta dan janganlah pula dgn perempuan mandul, karena sesungguhnya putra-putri org2 islam yg meninggal sewaktu masih kecil (sebelum akil baligh) berada di bawah naungan arsy. Mereka di asuh oleh nabi ibrahim kekasih allah sebagai ayah mereka, Mereka itu memohonkan ampunan kepada allah buat ayah2 mereka (yg masih hdp di dunia)".
Nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Menikahlah kalian dengan perempuan yg masih gadis, sebab sesungguhnya perempuan yg masih gadis itu lebih sedap mulutnya dan lebih mapan rahimnya serta lebih bagus perangainya".

** MENCARI PEREMPUAN YANG BUKAN FAMILI DEKAT.
Dalam hal ini nabi s.a.w bersabda yg artinya:
"Janganlah kalian menikah dengan perempuan yg masih ada hubungan famili (dekat), sebab sesungguhnya anak yg akan di lahirkan akan menjadi kurus, (ringkih dan lemah konstruksi tubuhnya)".
Bahwa keadaan demikian itu,di sebabkan oleh faktor lemahnya gairah sksual sewaktu berkumpul dgn perempuan tersebut, berbeda dgn perempuan yg tdk ada hubungan famili, maka dalam membangkitkan gairah seksual sangat baik.
Adapun dari segi yg lain untuk menjaga keadaan saling memaklumi dalam bidang ekönomi dan saling penuh pengertian dalam menciptakan keharmonisan, maka perempuan yg masih familinya sendiri adalah lebih utama. Sebab perempuan yg masih ada hubungan famili dekat, biasanya sedikit sekali yg (sampai hati) menghianati kesetiaannya kepada suami, dia selalu menjaga kehormatan, bersabar atas perilaku suami yg (kadang) menyakitkan dan mau menerima apa adanya atas kurangnya ekonomi suami.
Kelebihan lainya bagi perempuan yg masih keluarga dekat adalah perempuan tersebut tidak sampai hati mencaci maki suami, tidak mudah cöndong pada laki2 lain dan ia juga akan memiliki sikap rasa cemburu yg muncul dari kefamilianya, disamping rasa cemburu yg muncul karena posisi sebagai seorg istri, bahkan kelebihan tersebut di atas jarang sekali di jumpai di dalam diri perempuan yg bukan famili dekat.

** DIUSAHAKAN MENCARI GADIS CANTIK.
Satu hal yg jg perlu di upayakan bagi org yg hendak menikah adalah berusaha mencari seorg gadis yg cantik. Karena hal ini bisa lebih mendorong terwujudnya suasana keharmonisan.
________________________________________
Alihan bahasa dari kitab QUROTUL UYUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar